Pegang Teguh Komitmen, SMA Sapta Kharisma Maksimalkan Kreatifitas Siswa dengan Eskul Unggulan
Program eskul adalah salah atu cara untuk meningkatkan potensi peserta didik di luar hal akademis. SMA Sapta Kharisma memahami betul bahwa potensi-potensi tersebut haruslah di asah dengan maksimal, dengan begitu kualitas dan kemampuan peserta didik akan meningkat. Berikut ini adalah paparan bagaimana kami dengan komitmen untuk menciptakan generasi muda yang berdaya saing, menjalankan berbagai program unggul untuk siswa kami.
1.
|
Kegiatan
Ekstrakurikuler
|
|
Kegiatan
ekstrakurikuler di Nurika dikelompokkan menjadi 4 kelompok,
yaitu sebagai berikut :
|
|
a).
|
Kelompok
Seni, Budaya dan Agama
|
|
|
1).
|
Teater
(TEMUGA)
|
|
|
2).
|
Tari
Tradisional
|
|
|
3).
|
Paduan
Suara (Elyunai)
|
|
|
4).
|
Cheerleaders/Dance
|
|
|
5).
|
Band/Folksong
|
|
|
6).
|
Rohis
(Al-Fariz) & Rohkris
|
|
b).
|
Kelompok
Keterampilan dan Kreasi
|
|
|
1).
|
Paskibra
|
|
|
2).
|
PMR
|
|
|
3).
|
Dokter
Remaja
|
|
|
4).
|
Repala
|
|
|
5).
|
Pramuka
|
|
|
6).
|
SEC
(Bahasa Inggris)
|
|
|
7).
|
Jurnalis
|
|
|
8).
|
Pramuka
|
|
c).
|
Kelompok
Sains dan Teknologi
|
|
|
1).
|
Club
Matematika
|
|
|
2).
|
Club
Fisika
|
|
|
3).
|
Club
Kimia
|
|
|
4).
|
Club
Biologi
|
|
|
5).
|
Club
Ekonomi
|
|
|
6).
|
Club
ICT
|
|
d).
|
Kelompok
Olahraga
|
|
|
1).
|
Futsal
|
|
|
2).
|
Basket
|
|
|
3).
|
Badminton
|
|
|
4).
|
Bola
Volley
|
|
|
5).
|
Silat
|
|
|
6).
|
Tarung
Drajat
|
2.
|
Penanaman
Citra Keteladanan
|
|
Masa Orientasi Siswa (MOS) diperkaya dengan Gladi Vidya
Teladan (GVT). Gladi Vidya Teladan merupakan program sekolah yang bertujuan
membuat peserta didik selalu tetap mencintai sekolah dan almamater dengan
berpedoman bahwa sekolah adalah rumah kedua setelah rumah sendiri. Hal ini
ditanamkan sejak peserta didik masuk Nurika melalui pembinaan dan penanaman citra
keteladanan, kedisiplinan, dan budi pekerti luhur. Di samping itu, citra
keteladanan dan kepemimpinan dikembangkan melalui organisasi intra sekolah
yang disebut dengan Bhineka Teladan Bhakti. Pengembangan kepemimpinan
tersebut dilaksanakan melalui kaderisasi Pengurus harian dan Perwakilan
Kelas OSIS, serta diklat kepemimpinan.
|
3.
|
Penanaman Keimanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang
Maha Esa
|
|
Kecerdasan rohani peserta didik dikembangkan melalui
penanaman disiplin beribadah sesuai dengan agama yang mereka anut sejak
dini, yakni sejak memasuki Nurika . Secara konkrit, pengembangan kecerdasan
rohani tersebut dilakukan melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
|
|
a).
|
Kerohanian
Islam
|
|
|
1).
|
PHBI,
seperti Maulid Nabi, Isra’ Mi’raj, dan Tahun Baru Hijriyah.
|
|
|
2).
|
Pesantren
Kilat Ramadhan
|
|
|
3).
|
Forum
Kajian Islam/Muzakarah
|
|
|
4).
|
Pengajian
Mingguan
|
|
|
5).
|
Tadabur
Alam
|
|
|
6).
|
Penerimaan
dan penyaluran Zakat Fitrah
|
|
|
7).
|
Penyembelihan
Hewan Qurban
|
|
|
8).
|
Pelaksanaan
Shalat Hari Raya Idul Adha
|
|
|
9).
|
Penyaluran
Infaq Siswa ke Panti Asuhan
|
|
b).
|
Kerohanian
Kristen
|
|
|
1).
|
Perayaan
Natal
|
|
|
2).
|
Paskah
|
|
|
3).
|
Retret
|
4.
|
Pelaksanaan
10-K
|
|
10-K (Ketaqwaan, Kerindangan, Keindahan, Keamanan,
Ketertiban, Kekeluargaan, Kebersihan, Keterbukaan, Keteladanan dan
Kenyamanan) dikembangkan dikalangan peserta didik dengan tujuan agar mereka
memiliki rasa peduli terhadap lingkungan alam dan lingkungan pergaulannya
serta dalam berprilaku sebagai anggota masyarakat dan sebagai diri sendiri.
Kepada mereka dilakukan kontroling 10-K melalui razia berpakaian,
Handphone, Flash Disc, penataan rambut, perangkat/atribut sekolah, dan
sebagainya.
|
5.
|
Senioritas
|
|
Model pemanggilan dengan sebutan/panggilan kakak/adik dibudayakan
di Nurika , di samping sebagai ungkapan keakraban juga sebagai media
penyadaran dan penempatan senioritas peserta didik. Hal ini juga dilakukan
dengan mempertimbangkan kultur sekolah ketimuran.
|
6.
|
Hubungan Siswa dengan Guru
|
|
Hubungan siswa dan guru diupayakan tertanam secara
harmonis, akrab, penuh peng-hormatan. Pengembangan hubungan yang demikian
dilaksanakan sekaligus dalam rangka pengembangan kultur sekolah yang
harmonis dan saling menghormati, seperti ketika berpapasan dengan guru maka
siswa wajib memberi salam sambil menunduk dan berdiri tegak.
|
7.
|
Upacara Bendera
|
|
Upacara bendera rutin dilaksanakan pada setiap Hari
Senin jam pertama. Sedangkan pada peringatan hari besar nasional, upacara
dilaksanakan secara insidental. Petugas upacara dikoordinir oleh Paskibra.
|
8.
|
Pembekalan Keterampilan Komputer
|
|
Siswa dibekali keterampilan komputer melalui pelatihan
komputer yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah. Kegiatan ini
tergabung dalam Club ICT, sehingga siswa mampu menguasai pemograman,
pemasangan jaringan internet dan intranet.
|
|