SMA Sapta Kharisma Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Islam Terpadu

Blog Images
  • Blog Images Novita Afri Yanti
  • 09 Oct 2023 11:01
  • 25 kali dibaca

Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Islam Terpadu


Kondisi bangsa yang memprihatinkan mengundang perhatian kita untuk melihat kembali potret pendidikan kita.

Banyak bangsa yang maju di segala bidang dikarenakan kerelaannya dalam memajukan bidang pendidikan. Hal itu dapat diketahui dari sejauh mana keberpihakan dan daya dukung pemerintah terhadap bidang tersebut. Pribadi–pribadi yang lahir dari pendidikan, berpotensi dan berkemampuan untuk membangun bangsa. Itulah yang disebut dengan pribadi berkarakter

Pendidikan Karakter memang sedang digalakkan oleh pemerintah saat ini. Berdasarkan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, menyebutkan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman & bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri & menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

Target karakter di atas, bila berhasil diupayakan oleh pendidikan kita, niscaya negeri ini akan segera makmur dan sejahtera. Pendidikan Islam Terpadu sebuah model baru pendidikan di tanah air berusaha membantu pemerintah untuk mewujudkan tujuan di atas. Pendidikan Islam Terpadu adalah proses pendidikan yang memadukan pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam serta proses pembelajaran yang diwarnai oleh nilai–nilai Islam dan akhlaq mulia. 

Berikut adalah target karakter dari Sekolah Islam Terpadu:

1) Aqidah yang bersih (salimul aqidah)

2) Ibadah yang benar  (shahihul ibadah)

3) Pribadi yang matang ( matiinul khuluq)

4) Mandiri  ( qadirun alal kasbi)

5) Cerdas & Berpengetahuan (mutsaqqaful fikri)

6) Sehat dan kuat ( qawiyyul jismi )  

7) Bersungguh–sungguh & Disiplin ( mujahidun linafsihi)

8) Tertib & cermat ( munazhzhom fi Syu’unihi)

9) Efisien ( Harisun ‘ala waqtihi)

10) Bermanfaat (Nafiun lighoirihi

Dalam Pendidikan Islam Terpadu, sekolah menggunakan Kurikulum Diknas dan Kurikulum Agama, dengan  program tambahan Tahfidzul Qur’an (menghafal Qur’an). Selain itu Pendidikan Islam Terpadu juga berusaha mewujudkan lingkungan belajar yang Islami disertai pembiasaan dan keteladanan. 


Proses pembiasaan antara lain pembiasaan ibadah dengan senantiasa membaca doa sebelum memulai pelajaran, sholat berjamaah di awal waktu di Masjid, berdzikir bersama, mengucapkan salam ketika bertemu bapak dan ibu guru, menghafal Al Qur’an dan pembiasaan menutup aurat sejak dini. Adapun konsep keteladanan melalui perilaku bapak dan ibu guru yang senantiasa menjaga sikap, perilaku, tutur kata dan penampilannya yang sesuai dengan tuntunan agama.
Pendidikan Karakter adalah usaha sadar untuk mendidik peserta didik agar mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekannya dalam kehidupan sehari–hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya.

 

Melihat pengertian tentang Pendidikan Karakter di atas diharapkan Pendidikan Islam Terpadu menjadi sarana terbaik untuk mewujudkannya sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk karakter yang idam-idamkan oleh bangsa ini.

 

Bagikan: